Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Adanya teknologi
internet sangat
mendukung segala bentuk kegiatan, termasuk suatu bisnis dan perusahaan.
Memiliki website bisa memberikan banyak manfaat serta keuntungan bagi
sebuah bisnis dan perusahaan.
Saat ini, semua sudah serba digital dan terkoneksi dengan internet.
Jika tidak segera beradaptasi, bisa-bisa perusahaan diabaikan oleh
konsumen atau klien, karena mereka telah menemukan produk atau jasa yang
lebih mudah dan cepat dijangkau, bahkan informasinya lebih jelas,
lengkap dan akurat. (Namun, kita semua tentunya tak mengaharapkan hal
demikian terjadi pada kita.)
Sebelum membaca apa saja manfaat website, mari kita kembali ke 10
tahun kebelakang sejenak. Dulu, orang-orang akan sibuk kesana kemari
mencari produk atau jasa yang sedang mereka butuhkan. Rumah ke rumah,
toko ke toko, pasar ke pasar, kantor ke kantor, dan lain sebagainya.
Tapi berbeda dengan sekarang, “Pelaku bisnis lah yang harus mencari
dimana calon konsumen berada. Atau minimal konsumen bisa menemukan
produk atau jasa yang dibutuhkan dengan hanya menggunakan smartphone,
tablet atau hanya didepan laptop ataupun komputer.
Nah, perilaku baru konsumen inilah yang harus kita perhatikan. Kira-kira teknologi apa yang bisa diterapkan? Jawabannya adalah
Website
Mengapa website?
Karena, Website merupakan teknologi informasi terbaik saat ini
sebagai sarana pertukaran informasi kepada konsumen atau klien Anda
secara mudah, cepat, dan tanpa batas jarak maupun waktu. Artinya,
konsumen maupun calon konsumen akan dengan sangat mudah untuk
mendapatkan informasi bisnis maupun perusahaan secara lengkap dan akurat
hanya dengan mencari memalui komputer yang terkoneksi dengan internet,
atau bahkan hanya dengan gadget mereka kapanpun dan dimanapun.
Tidak hanya informasi, bahkan transaksipun sudah mulai banyak
dilakukan dengan teknologi website atau aplikasi mobile. Sepeti jual
beli barang atau jasa di online seperti Tokopedia, OLX, Kaskus,
Tiket.com, Traveloka, GoJek Dll. Tentunya ini adalah peluang yang sangat
bagus.
Sekarang Mari Kita Ulas Apa Saja Manfaat Website Untuk Perusahaan dan Bisnis
Secara umum, 3 keuntungan atau manfaat memiliki website. Baik secara
personal, bisnis perusahaan, atau bahkan lembaga lainnya seperti
organisasi, sekolah, instansi pemerintah dan lain sebagainya.
-
Membangun Brand dan Reputasi
Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran
membangun branding juga bisa dilakukan melalui website. Banyak website
yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu
perusahaan. Untuk itu branding melalui website juga perlu.
Tersedianya informasi yang lengkap dan jelas serta mudah dijangkau
akan membantu meningkatkan reputasi perusahaan dihadapan konsumen atau
calon konsumen, sehingga reputasi perusahaan akan meningkat.
-
Media Promosi dan Transaksi 24 Jam
Pernahkah kita berpikir bahwa akan memiliki teknologi promosi dan transaksi secara otomatis 24 jam
non stop? Ya, ternyata ada
Website adalah solusinya.
Bahkan website yang dikelola secara baik, bisa mendatangkan konsumen
baru kapan saja dengan jumlah yang lebih banyak tanpa perlu mengganggu
kesibukan lainnya.
Pelanggan dapat masuk ke website kita siang ataupun malam. Dengan cara ini pelanggan dapat dilayani 24 x 7 atau 24 jam sehari.
-
Menjadi Virtual Asset Bisnis
Apapun yang menghasilkan penjualan (income) adalah asset. Begitu juga
dengan website. Artinya, dengan website, nilai bisnis juga lebih
berharga.
Jika diuraikan secara mendetail, manfaat website tersebut akan lebih
panjang lagi. Namun, tentunya penjelasan berikut ini dapat menjadikan
kita semua lebih yakin dan betapa banyaknya manfaatnya website untuk
bisnis atau perusahaan.
Berikut penjelasan lebih lengkapnya:
-
Mendapatkan Pelanggan Baru
Banyak
perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar
negeri melalui website yang dimiliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah
pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, namun juga dari luar
negeri.
Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website
adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai
pelanggan. Sedangkan untuk mendapatkan kunjungan yang tinggi bagi
website, ada banyak cara atau jalan, misalnya dengan cara mempromosikan
ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, atau
LinkedIn dan memasang promo di berbagai iklan baris.
Atau dengan cara
SEO, yaitu dengan mengoptimasikan
web tersebut agar bisa tampil di halaman satu google sesuai dengan
target keyword yang dibidik. Untuk mengoptimasi /
SEO suatu
website bisa dikerjakan sendiri bila kita mengetahui tekniknya, namun
bila tidak ada waktu lebih baik diserahkan pengerjaan optimasi ke
penyedia layanan jasa
SEO.
-
Media Penjualan Produk ataupun Jasa
Memiliki produk ataupun jasa yang ingin dipasarkan melalui online,
kita bisa menggunakan berbagai media sosial untuk media pemasaran
seperti Fanpage Facebook, Twitter, Instagram dan diarahkan ke website.
Disini website berperan sebagai bangunan toko utama dan media sosial
sebagai bangunan pameran produk atau jasa.
Website sebagai alat untuk memperkenalkan produk kepada dunia online.
Dengan banyaknya pengguna internet, Perusahaan memiliki peluang untuk
mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang besar.Apapun bisnis yang
sedang dikerjakan, website adalah tempat yang baik untuk menampilkan
produk atau jasa. Masukkan testimoni atau galeri foto hasil kerja untuk
meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan.
Perusahaan dapat menunjukan apa yang membuat bisnis berbeda dari
pesaing.Dalam proses pemasaran, mungkin kita melakukan iklan di
koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur.
Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau
brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.
Sedangkan dalam website kita dengan mudah menambah informasi yang
lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang ditawarkan.Jika
perusahaan memiliki website maka hanya perlu meninggalkan alamat
website/situs di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk
memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail
mengenai produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
-
Memperkenalkan Profil Perusahaan
Semakin dikenal profil maka akan makin terkenal profil tersebut.
Sebuah perusahaan atau organisasi tentu ingin jika profilnya dikenal
luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil
perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif. Pada saat suatu
perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya
(misal baru saja menerima penawaran), mungkin perusahaan tesrbut akan
mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan
penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain
yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan
tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan
rekanan.
-
Mempermudah Komunikasi
Melalui website, Kita bisa berkomunikasi dengan mudah. Entah itu
dengan klien, dengan teman-teman, dengan calon konsumen dan sebagainya.
Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang
memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.Adanya kotak
komentar di website, adanya form contact adalah sebagian kecil dari cara
komunikasi malalui website.
-
Meningkatkan Kualitas Layanan
Untuk meningkatkan layanan pelanggan, kita bisa memasang fitur yang
dibutuhkan di website seperti halaman khusus tanya jawab, artikel yang
berhubungan, formulir online, chatting online, dll. Yang menjadikan
pelanggan merasa nyaman dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Dengan adanya website kita mempunyai peluang meningkatkan kepuasan
pelanggan. Pelanggan yang puas akan terus menggunakan produk atau jasa
kita, merekomendasikan perusahaan kita kepada orang lain sehingga
meningkatkan pendapatan perusahaan. Melalui website kita dapat
memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa
informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
-
Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan
Melalui website, perusahaan bisa menjadikannya sebagai sarana
publikasi resmi. Misalnya perusahaan mengadakan undian berhadiah, maka
informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang
dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki
website.
-
Kemudahan Memberikan Informasi
Dengan memiliki website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate
informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain
sebagainya. Akan jauh lebih mudah dan cepat apabila kita memasukkan
informasi tersebut di website dibandingkan dengan media cetak biasa
tentu akan memakan waktu lama dan biaya yang mahal. Sehingga pelanggan
bisa mengikuti perkembangan produk dan informasi perusahaan meski
jaraknya sangat jauh. Sehingga dapat memudahkan pelanggan mendapatkan
informasi terbaru.
-
Menimbulkan Kesan Lebih Profesional
Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan
perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen
maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan
yang sudah memiliki website. Itulah alasannya perusahaan disarankan
memiliki website.
-
Bisa Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
Perusahaan yang memiliki website akan terkesan lebih maju dan modern.
Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat. Dengan
memiliki website, perusahaan tersebut dapat membuktikan konsekuensinya
dalam memberikan kemudahan untuk pelanggan yang ingin mencari informasi
mengenai perusahaan tersebut atau pun melakukan pembelanjaan secara
online. Manfaat website untuk perusahaan ini dirasa akan sangat
mengoptimalkan penjualan produk. Karena dengan adanya website, otomatis
seluruh masyarakat yang berada di seluruh dunia dapat mengenal
perusahaan Anda.
-
Mencari Partner Baru
Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling
bersinergi. Nah dengan mempublikasikan perusahaan melalui website yang
dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang mengetahui mengenai
keberadaan dan eksistensi perusahaan. Dari sana mungkin saja perusahaan
bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.
-
Menghemat Biaya
Banyak yang berpikir bahwa biaya untuk membuat website professional
membutuhkan biaya besar. Namun sebenarnya ini adalah biaya yang lebih
menguntungkan dibandingkan tidak memiliki website sama sekali. Dan juga
pengunjung potensial dari dalam website juga lebih baik. Ini adalah cara
yang paling efektif dalam segi biaya untuk mempromosikan perusahaan.
-
Menghemat Waktu
Kita bisa membayangkan sendiri berapa waktu yang dibutuhkan untuk
menyampaikan informasi terbaru mengenai produk dan jasa yang kita
tawarkan. Kita perlu bertatap muka, menyebar brosur / katalog, dan
pasang iklan disana sini. Namun dengan menggunakan website, informasi
yang disampaikan akan menyebar dalam waktu yang sangat cepat karena
semua orang langsung bisa melihatnya darimanapun dan kapanpun.
-
Jauh Lebih Murah dan Fleksibel Dari Iklan Cetak
Internet sangat berbeda dari iklan cetak dalam ruang yang murah,
iklan dapat diakses untuk jangka waktu yang lama, konten dapat diubah
tanpa harus meminta seseorang untuk melakukannya (jika menggunakan
sistem manajemen konten) dan kita berpotensi dapat menjangkau pasar yang
lebih luas.
NB: Ini bukan untuk mengatakan bahwa tidak harus
menggunakan bentuk lain dari iklan lain. Namun kita dapat menggunakan
iklan dari media lain untuk menarik pengunjung untuk mengunjungi website
dan mencari tentang perusahaan serta berpotensi membuka komunikasi dua
arah antara pelanggan potensial dan supplier.
-
Mudah dan Dapat Selalu Diakses
Website akan memudahkan pelanggan yang ingin melihat produk dan jasa
yang ditawarkan, kapanpun dan dimanapun, sehingga kita tidak kehilangan
pelanggan potensial karena website bisa di akses selama 24 jam sehari, 7
hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun dan hal ini menjadikan bisnis
atau perusahaan tetap buka meskipun kantor sedang tutup.
-
Target Pasar Lebih Luas
Pengunjung
website tidak mengenal batasan jarak dan waktu, mereka bisa datang dari
mana saja dibelahan dunia selama ada koneksi internet, sehingga
perusahaan bisa mentargetkan pasar lokal dan internasional, hal ini
sangat berbeda dengan toko offline yang umumnya hanya dikunjungi
orang-orang sekitar. Baik menjual produk atau jasa, website akan menjadi
tempat alternatif untuk menjual. Website adalah tempat yang sempurna
untuk menjual produk ke pasar yang lebih luas. Bahkan untuk di pasarkan
ke luar negeri.
-
Mengingatkan Calon Pelanggan Yang Lupa dan Memudahkan untuk Menghubungi
Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai
perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui presentasi,
melihat brosur, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan mungkin
kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita dia
akan mencari di internet (
search engine) dan melakukan
pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. Dan calon pelanggan akan
dengan mudah menemukan website perusahaan dan kemudian menghubungi
sehingga perusahaan dapat menjual jasa/produknya.
Pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon
perusahaan. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan tadi, kemudian
melakukan pencarian di internet dan menemukan sehingga menghubungi
kembali.
-
Kemudahan Melakukan Polling
Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan
konsumen atau calon konsumen saat ini. Melalui website, kita bisa
membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan.
Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan melalui website.
-
Bisnis dan Perusahaan Semakin Terkenal
Jutaan pengguna internet mengakses setiap harinya untuk mendapatkan
informasi dan bertransaksi sesuai yang mereka butuhkan. Artinya, sebesar
itu pula potensi untuk dikenal dan ditemukan oleh konsumen atau calon
konsumen baru sehingga menjadi pelanggan.
Demikian 3 manfaat serta keuntungan dari website dan 18 rinciannya.
RIRISACI Studio meyediakan
Jasa Pembuatan Website dan
maintenance yang
memastikan website perusahaan dapat berjalan dengan baik sehingga
informasi mengenai perusahaan dan produk atau jasa dapat dikomunikasikan
dengan baik kepada calon pelanggan maupun pelanggan.
Dewasa ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki
website, banyak tersedia jasa pembuatan website dengan harga yang
bervariasi. Perusahaan dapat menggunakan jasa tersebut atau
memperkerjakan tenaga professional IT untuk membangun sebuah website.
Kelak website yang digunakan untuk keperluan perusahaan tersebut harus
dipelihara agar teroptimasi di pencarian google. Pemilik website juga
perlu memperbarui konten yang terdapat dalam website agar dapat terus
merasakan manfaat website untuk perusahaan.
Sumber: http://ririsaci.com
0 komentar:
Posting Komentar