Tips Promosi Online untuk JasaKeuangan.co.id yang Bergerak dibidang Training & Consulting Accounting and Finance
21.39 |
|5 Strategi Promosi pada Bisnis di Bidang Jasa
Saat ini, sudah banyak bermunculan model
bisnis di berbagai bidang. Salah satunya adalah bisnis di bidang jasa.
Namun terkadang masih terdapat beberapa orang yang bingung bagaimana
strategi atau cara untuk mempromosikan bisnis mereka yang ada di bidang
jasa karena apa yang mereka jual bukanlah suatu barang yang nyata.
Namun sebelum dijelaskan lebih lanjut
mengenai strategi apa saja yang dapat digunakan untuk mempromosikan
usaha di bidang jasa, kami akan menjelaskan sedikit mengenai kegiatan
pemasaran. Secara umum kegiatan pemasaran berhubungan dengan gabungan
beberapa kegiatan usaha, faktor yang mempengaruhi pada kegiatan
pemasaran ada dua yaitu :
- Faktor mikro, yang meliputi perantara pemasaran, pemasokan, pesaing, dan masyarakat.
- Faktor makro, yang meliputi demografi atau ekonomi, politik atau hukum, teknologi atau fisik, dan sosial atau budaya.
Kedua faktor berikut sangat berpengaruh
terhadap seberapa puas pelanggan yang sudah menggunakan jasa yang
ditawarkan dan seberapa jauh bisnis Anda dikenal di masyarakat.
Apa saja strategi yang dapat mempromosikan usaha di bidang jasa?
Berikut beberapa strategi kegiatan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan usaha di bidang jasa:
Selalu berikan pelayanan prima atau
pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Anda. Buatlah pelanggan Anda
merasa puas menggunakan jasa yang ditawarkan supaya pelanggan akan
memberikan rekomendasi kepada orang terdekatnya bahkan kepada orang yang
baru di kenal untuk menggunakan jasa Anda. Dengan begitu Anda akan
merasa sangat diuntungkan karena dapat menghemat cukup banyak biaya
promosi.
2. Dapat dipercaya
Jika bisnis Anda bergerak di bidang
jasa, maka kepercayaan adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu
buatlah hubungan yang erat dengan para pelanggan. Misalnya saja dengan
melakukan pendekatan secara personal agar dapat menanyakan kesan mereka
terhadap jasa yang pernah Anda tawarkan dan jangan lupa untuk menanyakan
saran supaya bisnis Anda dapat lebih berkembang. Dengan begitu, Anda
dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan.
3. Manfaatkan jejaring sosial
Pada era digital ini, penggunaan
internet merupakan suatu hal yang sudah lazim di masyarakat. Hampir
rata-rata semua orang sudah memiliki akun jejaring sosial. Besar
kemungkinan bahwa pelanggan Anda sudah lebih dulu masuk di jejaring
sosial. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika bisnis Anda mulai
merambah ke jejaring sosial. Karena hal ini dapat digunakan sebagai
media promosi bisnis Anda. Dengan menggunakan metode tertentu, Anda
dapat pula mencari tahu seberapa banyak rekomendasi dari pengguna
jejaring sosial terhadap jasa yang di tawarkan.
4. Bergabung dengan komunitas
Contohnya saja jika bisnis Anda adalah
jasa perawatan hewan peliharaan (grooming, tempat penitipan hewan, dan
lain sebagainya) maka Anda bisa menjadi salah satu anggota dari
perkumpulan pecinta anjing atau kucing. Di dalamnya, dengan menggunakan
beberapa teknik pendekatan, Anda dapat mulai sedikit demi sedikit
menawarkan jasa Anda. Atau ketika resource Anda dapat dikategorikan
cukup maka Anda dapat membentuk komunitas sendiri yang bersinergi dengan
jasa yang kan Anda tawarkan.
5. Melakukan kegiatan yang bersinergi dengan usaha Anda secara tulus
Jika Anda melakukan segala aktifitas
yang berhubungan dengan jasa Anda, maka kerjakanlah secara tulus apalagi
ketika jasa Anda dapat digunakan untuk membantu seseorang dalam
mencapai tujuannya. Contohnya ketika Anda mempunyai bengkel mobil, dan
Anda memiliki rekan yang ingin memodifikasi mobilnya. Suatu saat mobil
tersebut mengikuti kejuaraan dan mendapatkan penghargaan, lalu beritanya
dimuat di media massa. Maka secara tidak terduga, bisa saja jasa Anda
akan dimuat di media tersebut. Sehingga akan semakin banyak yang
mengenal jasa Anda.
Ingatlah bahwa segala sesuatunya
didasari oleh kepercayaan. Segala sesuatu yang Anda lakukan itu
diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan
percaya kepada jasa yang Anda tawarkan. Karena pada dasarnya semua jenis
bisnis memiliki prinsip yang sama, yaitu bagaimana memberikan kepuasan
kepada pelanggan supaya mereka dapat merekomendasikan bisnis Anda ke
lingkungan mereka.
Sumber : https://zahiraccounting.com/id/blog/5-strategi-promosi-pada-bisnis-di-bidang-jasa/
0 komentar:
Posting Komentar